Cara Merawat Burung Dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Burung Supaya Gacor

Cara merawat burung – Ada beberapa langkah yang dapat Anda jumpai untuk cara merawat burung kacer khususnya burung kesayangan kita, dan langkah yang diterangkan berbeda.

Berikut sebagai salah satunya perawatan yang saya kerjakan untuk burung yang saya punyai.

cara merawat burung
cara merawat burung

CARA MERAWAT burung Untuk Pemula

1. Burung dikeluarkan jam 7.30 wib

2. Burung dianginkan diteras sepanjang lebih kurang 10 menit, Beri Jangkrik 4 ekor dan 1 Sendok teh Kroto fresh.

3. Proses penjemuran dilaksanakan dari jam 8.00 s/d 9.00 wib.

4. Burung ditempatkan diteras rumah atau di tempat teduh dan tenang.

5. Burung dimandikan jam 13.00 wib (Dengan semprotan/keramba sesuai rutinitas burung).

6. Seterusnya burung kembali diangin-anginkan lebih kurang 15 menit s/d 25 menit (sampai bulu-bulu burung keseluruhnya kering).

7. Burung diberi Jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong 2 ekor.

8. Burung dikerodong dan diletakkan di ruang khusus untuk dilaksanakan proses pemasteran.

9. Proses pemasteran dapat dilaksanakan dari jam 14.30 wib s/d 16.30 wib.

10. Kemudian burung kembali dianginkan diteras rumah sepanjang 20 menit, sekalian diberi Jangkrik 4 ekor + 1 ekor ulat bumbung.

11. Burung kembali dikerodong dan diletakkan.

12. Seterusnya burung dapat kembali dimaster sepanjang 3 jam dimulai dari jam 20.00 wib s/d jam 23.00 wib.

13. Seterusnya diamkan burung tenang tanpa kedengar suara. bermaksud supaya burung bisa istirahat sampai pagi datang.

SEBAGAI CATATAN!.

1. Untuk proses penjemuran dapat dilaksanakan bertepatan dengan proses pengumbaran dikandang umbaran

2. Untuk proses penjemuran dan pengumbaran dilaksanakan dengan bertahap dengan keadaan burung pada kondisi sehat.

3. Untuk proses mandi di sini saya memakai Fresh aves + antiseptik, ini bermanfaat untuk menghindar kutu dan bakteri yang bisa mengganggu.

4. Untuk stelan ekstra fooding disamakan dengan masing-masing watak burung, tidak ada ukuran yang jelas!.

5. Untuk proses pemasteran di sini saya cuma kerjakan sekitaran 5 jam dalam satu hari, supaya jedah saat yang sisa bisa digunakan supaya burung dapat istirahat.

6. Untuk pemberian Multivitamin di sini saya beri 2x dalam satu minggu. Pagi beri Birdvit dan Sore beri Birdmineral.

7. Untuk pemberian Obat cacing di sini saya beri 1 kali dalam tiga bulan.

Dalam merawat burung disamakan dengan keadaan dan rutinitas burung yang kita rawat. Dibawah ini kami berikan beberapa tips merawat beberapa macam burung.

Cara Merawat Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird
Cara Merawat Burung Lovebird

Ane di sini tidak panjang lebar mengulas mengenai Love Bird Karena tentu tidak berbeda jauh dengan artikel artikel kicau mania yang lain.

untuk beberapa kicau mania yang mempunyai Love Bird tentulah benar-benar ingin mempunyai burung Love Bird dengan suara yang keras dan ngekeknya panjang.

Nach karena itu om-gacor mau mencoba memberi Panduan Love Bird Agar Rajin Bunyi (gacor) dan Ngekek Panjang yang hendak membuat senang pemiliknya sekalian akan membuat harga Love bird itu naik dengan berarti apa lagi jika diikutkan lomba.berikut panduan yang hendak om beri:

Ada 2 factor yang membuat Love Bird rajin bunyi atau gacor dan ngekeknya panjang:

1.Factor Turunan

Pada bagian ini umum terjadi pembicaraan ada yang ngomong factor turunan itu hanya 40-50% dampaknya,tetapi ada pula yang ngomong mutlak factor turunan yang membuat Love bird ngekeknya panjang dan gacor.

2.Factor Lingkungan

Misalkan:kandang atau situasi lokasi yang dihuni burung tersebut. dimulai dari wujud kandang,status kandang,kebersihan kandang yang terpenting,hingga bisa memberi dampak bagus untuk burung. Dan yang perlu jadi perhatian pada loverbid ialah

– Makanan

Jagung muda baik sekali untuk love bird,sayur dan lain-lain, pemberian multivitamin yang sanggup menggairahkan pembangunan hormon testosteron, seperti TestoBirdBooster, bisa juga membuat lovebird gacor, ketahanan sempurna, dan psikis tidak gampang jeblok.

– Permasteran

Dalam soal pemasteran, kita bisa lakukan pemasteran pada lovebird muda, dengan tempelkan sangkar di dekat burung masteran. Juga bisa memakai CD masteran, atau mp3 player berisi rekaman suara burung-burung masteran. Kerjakan dengan teratur, tiap hari. Pemesteran Love Bird semenjak kecil benar-benar punya pengaruh pada garapan yang hendak di sertakan kontes.

– Cuaca

Berhati-hati dengan cuaca ini, karena kadang dengan ketidaksamaan cuaca yang tidak pasti dan skema perawatan kita yang tidak begitu paham bisa menyebabkan Love Bird akan gampang sakit, karena itu sering-seringlah menanyakan ke pakarnya berkenaan langkah tangani love bird.

– Perawatan

Di bagian perawatan ini lebih banyak hal yang penting didalami diantaranya:

  1. a) Memandikan Love Bird tiap pagi dengan semprot gunakan spray pada sekitaran jam 7an atau bergantung keadaan atau lebih siang sedikit bila keadaan hujan (karena kebenaran kembali musim penghujan).
  2. b) Kerjakan penjemuran sepanjang lebih kurang 1 jam bila matahari betul-betul ceria dan oleh semakin lama jika keadaan matahari tidak demikian ceria.
  3. c) Dan yang paling akhir yang juga sangat penting ialah bikinlah situasi di sekitar rumah diupayakan ramah pada Love Bird, makananya janganlah sampai Love Bird berasa tidak nyaman, terusik karena ada penggoda yang menyengaja memikat atau karena tidak paham dan sekedar hanya ingin main-main, karena itu kalau dapat hal semacam itu diupayakan untuk dijauhi untuk kenyamanan Love Bird, karena akan punya pengaruh pada fisik dan mental sang Love Bird tersebut dan otomatis akan memengaruhi seni dan kualitas suara dan omongan sang Love Bird.

Cara Merawat Burung Kacer

Cara Merawat Burung Kacer
Cara Merawat Burung Kacer

Nah untuk merawat burung kacer biar semakin gacor kami akan berikan tipsnya disini, Burung ini merupakan burung petarung yang mana pada sekarang ini lagi digemari di kalangang para kicau mania,sehingga harganya pun sedikit mengalami kenaikan,selain itu burung Kacer juga memiliki suara yang sangat merdu dan sangat enak didengarkan sehingga banyak yang memeliharanya di rumah.

Burung Kacer yang lagi populer di Indonesia ada 2 jenis yakni

  1. Burung Kacer hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan kacer jawa oleh para kicau mania yang
  2. kedua yaitu kacer sekoci ( poci ) atau yang lebih dikenal dngan sebutan

Kacer Sumatera ada juga yang menyebutnya dengan Kacer Priangan

 

Itulah sedikit pembahasan tentang kacer untuk lebih lengapnya kita sambung nanti di kesempatan berikutnya,dan untuk postingan kali ini om-gacor akan coba ngasih Tips Perawatan Burung Kacer Biar Gacor berikut tipsnya:

Tips Harian

A. Penjemuran

Kacer harus di jemur rutin setiap hari agar lebih fit & mempunyai nafas yang lebih panjang. Durasi Jemur bisa naik secara bertahap setiap minggunya contoh : minggu 1 jemur dari jam 8 s/d jam 10, minggu 2 jemur dari jam 10 s/d jam 10.30 dst sampai ketika di jemur lama tidak buka mulutnya. Ketika penjemuran dilakukan coba keluarkan semua pakannya,karena Ini gunanya untuk menambah tebal suaranya.

Setelah selesai dijemur taruh kandang ditempat yang teduh untuk diangin-anginkan sampai mulutnya tidak mangap lagi kemudian masukan dahulu Voernya pasti dia akan memakan karena selama penjemuran kcaer tersebut tidak makan sama sekali.

Kenapa Voernya dahulu yang diberikan adalah supaya sewaktu memakan voernya ikut tertelan juga lendir kering yang ada dikerongkongannya. Setelah memasukan Voer makanannya selama 15 menit baru masukan air minumnya. larutan bagus diberikan berguna untuk kejernihan suara burung tsb. Kalau air Larutan tersebut diminum sampai habis baru kita ganti dengan air putih sampai esok pagi.

B. Mandi

Yang mendasar mandi berguna untuk birahi/emosi, jadi pada dasarnya kita biasakan Kacer tsb mandi setidak-nya 1x setiap hari. Efek lain dari mandi adalah sedikit mengurangi kelelahan kacer dan mengurangi emosi. Tapi banyak juga yang kacernya kurang ngedur memandikan Kacernya berapa hari sekali ini agar birahi nya naik karena panas badannya.
Tips :Ane lebih suka mandikan kacer di malam hari, ini salah satu solusi juga untuk mengurangi/menghilangkan mbagong (kembung),bagusnya menggunakan air dingin, Pada saat mandi itulah yang kita berikan EF dan membersihkan kandangnya.

C. Makanan Ekstra

buah

Buah bagus dibiasakan untuk kacer yang berfungsi untuk menurunkan birahi & menajamkan suara Buah yang biasa dipakai buat kacer ;Pepaya, Lebih sering diartikan untuk menurunkan birahi (walau tidak signifikan) Apel, Biasanya digunakan untuk menajamkan suara (walau tidak signifikan) dan membikin suara lebih jernih.

Jangkrik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkrik digunakan untuk power suara Kacer tapi ini bisa menaikkan birahi…

Untuk harian jangan diberikan terlalu banyak agar birahinya terjaga.

Menjelang lomba baru di naikan karena lomba memerlukan energi ekstra, nah Itulah sedikit Tips Perawatan Burung Kacer Biar Gacor

Cara Merawat Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari
Cara Merawat Burung Kenari

Burung Kenari Merupakan burung vokalis yang banyak fansnya dan salah satu burung yang sering dilombakan. Burung ini Memiliki macam warna yang bermacam-macam dan gabungan warna yang unik. Merawat burung Kenari sangat mudah dan membahagiakan.

KARAKTER DASAR BURUNG KENARI

  • Gampang menyesuaikan, burung ini benar-benar mudah beradaptasi pada lingkungan lagu.
  • Vokalis dan petarung. Jika mendengar suara burung kenari lain atau menyaksikan burung semacam itu, karena itu semangat tempurnya langsung berkobar.
  • Birahi yang condong gampang naik. Burung ini benar-benar mudah naik birahinya, banyak pemicu yang bisa membuat naiknya birahi pada burung tipe ini. Macam feed yang kurang pas, penjemuran yang berlebihan atau menyaksikan burung Kenari betina secara cepat meningkatkan tingkat birahinya.
  • Gampang jinak. Karena kekuatan beradaptasinya yang tinggi, karena itu burung ini mudah dijinakkan bagi manusia.
  • Tidak gampang stres. Burung tipe ini telah beberapa ratus tahun ditangkarkan oleh manusia.

PEMILIHAN BAHAN BURUNG KENARI YANG BAIK

Ada banyak poin utama yang perlu jadi perhatian dalam penyeleksian bahan atau pada burung Kenari

  • Berkelamin jantan, beberapa ciri burung Kenari jantan bisa menyaksikan wujud badan yang cocok, suara cuit yang lebih keras dan keras. Pilih kenari jantan yang punya vent makin besar dan panjang.
  • Bentuk paruh, seharusnya tentukan wujud paruh awal yang awal lebar, tebal, besar dan panjang.
  • Kepala berwujud kotak. ini bagus burung ini memiliki tempur yang psikis.
  • Postur tubuh, pilih bahan yang berperawakan sedang dengan panjang leher, tubuh dan ekor dan kaki yang cocok. Tidak boleh pilih bahan yang berleher dan memiliki badan pendek.
  • Sayap rapat dan kaki mencengkeram kuat, ini menggunakan bahan itu sehat. Pilih Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak punya pengaruh pada psikis burung.
  • Lincah dan dan bersemangat makan besar. Ini sebagai beberapa ciri bahan yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi. Mengisyaratkan burung ini akan mengeluarkan kekuatan suara dengan optimal.

MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG KENARI

  • Campuran Bijian. Pakan khusus burung ini adalah Canary Seed. Tapi kita bisa memberi beberapa bijian yang sudah digabung yang banyak dipasarkan dipasaran.
  • Sayuran dan buah-buahan. Burung Kenari benar-benar menyukai sayur dan buah-buahan misalnya: daun selada, daun sawi, gambas, ketimun, paprica, wortel, buah apel, buah pir, jagung muda.
  • Telur dan Kroto. Pada keadaan tertentu, ke-2 pakan ini benar-benar diperlukan untuk mendukung perkembangan, vitalitas beberapa fungsi organ burung Kenari.
  • orang asia Untuk memenuhi keperluan kalsium, ini memerlukan konsumsi kalsium tambahan. Bisa diberi tulang sotong untuk melengkapi keperluan kalsium yang diperlukan.
  • Roti kering. Selain pakan-pakan di atas, burung Kenari menyenangi roti kering (tidak boleh beri roti kering yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi).

PERAWATAN DAN STELAN HARIAN

perawatan harian untuk burung kenari relatif sama dengan jenis burung berkicau lainnya, kunci sukses perawatan harian yaitu teratur dan stabil.

Berikut Skema Perawatan harian dan Stelan Harian untuk burung Kenari:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, bergantung pada rutinitas masing-masing burung)
  • Membersihkan kandang harian. Tukar atau tambah Pakan dan Air Minum.
  • Beri Sayur fresh atau Buah.
  • Penjemuran bisa dilaksanakan sepanjang 1-2 jam/hari start pukul 08.00-11.00. Sepanjang penjemuran, seharusnya burung tidak menyaksikan burung semacam.
  • Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung itu diteras sepanjang 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung bisa di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan jika memang perlu.
  • Kontrol Pakan, Air Minum, Sayur dan Buah.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama saat istirahat sampai pagi harinya.

PENTING

  • Kroto fresh diberi 1 sdt optimal 2x satu minggu.
  • Telur Puyuh bisa diberi 2x satu minggu.
  • Variasi pemberian sayur fresh dan buah-buahan ialah kunci sukses dalam perawatan burung kenari.
  • Asinan selalu harus ada di dalam sangkar.
  • Pengumbaran di kandang umbaran bisa dilaksanakan 4 jam setiap hari sepanjang 4 hari dalam satu minggu.
  • Berikan Multivitamin yang digabung pada air minum satu minggu sekali saja.

PENANGANAN APABILA KONDISINYA OVER BIRAHI

  • Berikan Ketimun sepanjang dua hari beruntun
  • Frekuensi mandi dibikin seringkali, misalkan pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangkan jadi 30 menit/hari saja
  • Waktu pengumbaran dibikin seringkali serta lebih lama

PENANGANAN APABILA KONDISINYA DROP

  • Berikan buah Apel 4 hari beruntun
  • Perbanyak kombinasi Lin Seed, Niger Seed dan biji Fumayin pada pakan bijiannya.
  • Tingkatkan jatah pemberian Kroto jadi 3x satu minggu
  • Mandi dibikin dua hari sekali saja
  • Burung selekasnya diisolasi, tidak boleh menyaksikan dan dengar burung Kenari lain dulu
  • Lamanya penjemuran ditambahkan jadi 2-3 jam/hari

PERAWATAN DAN STELAN UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebetulnya hampir sama dengan perawatan harian. Arah perawatan pada tahapan ini yakni menyiapkan burung supaya memiliki tingkat birahi yang diharapkan dan mempunyai stamina yang konstan. Kunci sukses perawatan lomba yakni mengenali baik karakter dasar masing-masing burung.

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

Cara Merawat Burung Perkutut
Cara Merawat Burung Perkutut

Burung Perkutut benar ada beberapa macam salah satunya perkutut katuranggan atau kerap disebutkan perkutut lokal yang kerap kita temui di wilayah wilayah dan yang ke-2 ialah perkutut bangkok yang bedanya dari wujud fisik jika lokal cukup kecil bila kita bandingkan dengan perkutut bangkok.

Di sini om tidak panjang lebar mengulas burung perkutut karena tentu sebagai pencinta burung perkutut sangat memahami dengan hal yang terkait dengan perkutut itu,adapun ini kali om akan mengulas bagaimana Panduan Langkah Merawat Burung Perkutut Supaya Rajin Bunyi yang hendak benar-benar menolong anda bila mempunyai perkutut yang belum ingin berkicau.

Berikut Panduan Langkah Merawat Perkutut Supaya Rajin Bunyi yang dapat om beri buat anda dan mudah-mudahan ada faedahnya:

-Menjaga kesehatan burung perkutut ialah hal khusus,kita perlu ketahui beberapa ciri burung perkutut sehat.

  1. Burung perkutut yang sehat secara umum dengan bulu mulus, lembut dan tidak mendengkur.
  2. Burung perkutut pun tidak kurus dan tidak terlalu gendut. Burung perkutut yang terlalu gendut cenderung malas mengeluarkan bunyi.
  3. Burung perkutut yang sehat mempunyai kotoran yang cukup bundar dan kompak. Umumnya memiliki warna cukup kecoklat-coklatan dan cukup padat sesudah jadi kering.Burung yang mencret / berair menyaratkan kurang sehat, umumnya cacingan. Tetapi ada pula di dapatkan burung perkutut yang paling suka minum sampai kotorannya berair seperti mencret. Kotoran yang warna hijau menyaratkan burung perkutut itu kurang sehat.

-Yang ke-2 , hal yang perlu kita lihat ialah bila anda ingin burung perkutut anda gacor, pilih yang sejenis kelamin jantan. Untuk tentukan tipe kelamin jantan atau betina, anda cukup membandingkan sumpit kerapatan kaki lebih kurang 1 cm untuk tipe kelamin jantan, dan untuk betina sumpitnya lebih renggang. Disamping itu jantan mempunyai wujud tubuh yang besar dan tegak dan ekor bersatu.

-Memandikan burung dengan teratur dengan disemprotkan dengan spray dengan semburat yang paling lembut. Sebaiknya jika disemprotkan memakai air beras digabung dengan daun sirih sekitar 7 helai untuk hilangkan kutu dan mengkilatkan warna bulu-bulu burung perkutut.

-Selanjutnya jemurlah burung perkutut saat pagi hari start pukul 7-9. Ini berperan memperkuat dan tahan pada panas dan akan bermanfaat memanjangkan napas perkutut.

-Memberikan tipe pakan khusus perkutut seperti beberapa bijian, rumput dan padi-padian. Disamping itu bisa juga diberi beras merah, milet, butiran jagung, campur makanan pabrik yang mengandung protein tinggi.

-Perlu jadi perhatian dan tidak kalah keutamaan ialah kita harus dapat membuat situasi sekitaran yang ramah pada burung perkutut. Karena kenyamanan burung akan punya pengaruh pada fisik dan mental burung yang memengaruhi seni dan kualitas suara perkutut.

Cara Merawat Burung Hantu

Cara Merawat Burung Hantu
Cara Merawat Burung Hantu

Sebetulnya tidak susah saat menjaga burung hantu namun mukanya yang misteri tersebut yang membuat kita mejadi berasa misteri tehadap perawatan burhan ini, Berikan makan seperlunya, Bila burung hantu yang anda punyai bejenis celepuk perawatannya semakin lebih gampang kembali. cukup beri 10 ekor jankrik dewasa pada pagi hari dan beri 10 jankrik dewasa pada malam hari, bila jankriknya kecil-kecil silahkan tambah kembali ukuranya jadi 15. Selainnya jankrik sang burung hantu dapat diberi makan ikan kecil (anak ikan mas) dan burung pipit (emprit) harga lumayan murah Rp 1000 perekor. Jangan sekalipun memberikan makan burung hantu dengan daging ayam atau lele bahaya! kata pedagang tempat kang salman memberikan cukup jankrik saja sampai ia berusia 7-8 bulan, kemudian di tukar dengan sang emprit atau tikus putih yang banyak dipasarkan di pasar.

Tidak boleh taruh pada tempat atau udara yang panas

Burung hantu tidak menyenangi lokasi yang panas, bila anak burung hantu diletakkan pada tempat bersuhu panas (contoh siang berlubang) itu akan beresiko. Saran burung hantu di dalam rumah saat jam 11.00 – 16.00 karena jam-jam itu sebagai waktu matahari berkilau keras,

Tidak boleh taruh di lokasi yang dingin

Selainnya panas burung hantu juga tidak sukai lokasi yang bersuhu dingin, seharusnya saat magrib kamu alihkan burung hantu itu di dalam rumah tidak boleh meletakkannya di luar bila temperatur udara dingin sang belita burung hantu itu tidak kuat mengakibatkan fatal, kemungkinan mati

Selalu mengajak bicara atau sekadar menegur

Bawalah selalu burung hantu itu bicara, supaya ia tidak berasa kesepian. Burung hantu makhluk hidup tentu rasakan yang bernama kesepian, bila ini di larut-larut ia kemungkinan depresi, jika sudah stress umumnya ia tidak ingin makan, jika sudah gak ingin makan dua hari selanjutnya ia tentu mati. Disamping itu menurut kang salman

Taruh burung hantu pada tempat atau ruangan yang gelap

Upayakan di waktu malam hari taruh burung hantu di lokasi yang gelap, matikan saja lampu di ruang tempat kamu simpan sang burhan. karena burung hantu biasanya tidak menyenangi sinar jelas pada malam hari.

Lakukan Kontak Batin dan kenalan lebih dekat

Selalu sempatkan diri untuk kenalan lebih dekat sama burhan cukup hanya melihatinya maksudnya supaya sang burhan tesebut ingat pada kita serta lebih dekat secara batin dan emosional. jika sudah nyaman burung hantu itu tidak takut kembali pada Anda, dan tidak kembali mengigit keras, jika punyai kang salman gigitannya gak sakit seperti dahulu, kemungkinan disebutkan gigit-gigit gak jadi atau gigit sayang sang burhan pada kita, rasanya seperti gigitan bayi berusia 3 bulan yang tidak ada giginya. Disamping itu dengan melatih contact mata secara halus akan membuat emosional positif burhan itu pada kita, sebagai tuannya. coba elus-ulus sisi atas kepala burhan, tidak boleh takut ya, malah ia menyenanginya,

Berlakulah tenang tidak boleh tunjukkan rasa cemas dan keget anda di pekerja hantu

sikap semacam ini akan membuat burhan anda jadi turut waspada dan waspada satu 🙂 jadi tenang saja, jika anda di gigit tidak boleh agresif diamkan saja kelak akan di lepas sendiri oleh burhan anda tidak melakukan perlawanan jika anda cemas dan agresif burung hantu itu akan menantang atau justru ketakutan dan cemas sudah, kang salman lebih bagus di gigit daripada sang burhan mengkhawatirkan, jika cemas dan gak kerasan sang burhan akan stres dan sama seperti yang kang salmankan di atas, jika stres umumnya tidak mua makan, 2 hari selanjutnya akan mati.

Cara Merawat Burung Murai

Cara Merawat Burung Murai
Cara Merawat Burung Murai

Ketenaran burung murai ini selalu bertambah dari tahun ke tahun, ini dapat dilihat dari harga burung ini yang tetap melesat.Ini menjadi satu tempat usaha yang cukup prospektif untuk beberapa peternak burung.

Langkah menjaga burung murai batu medan ini hampir serupa dengan burung lainnya. Tetapi pada murai batu pasti perawatannya berlainan,diginkan,dimandikan,dijemur dan lakukan pemasteran.Tetapi jatah pakan dan waktu berbeda.Berikut panduan atau langkah menjaga burung murai baatu medan untuk yang baru memulai :

  • Mengeluarkan burung murai batu pada pukul 07.00
  • Lantas angin-anginkan burung sepanjang 30 menit,sepanjang dianginkan dapat kita beri jangkrik cukup 5 ekor saja.
  • Pada jam 07.30 mandikan burung dengan spray, ingat tidak boleh spray sisi muka burung. Semprotkan burung di bagian bahunya.Sepanjang proses pemandian, tukar air yang ada di kandang dan tambah makan di tempat yang telah disiapkan.Membersihkan kotoran yang ada di kandangnya.
  • Setelah mandi janganlah pelanggaran dijemur ,anginkan kembali sepanjang 10 menit.
  • Jemur burung pada jam 08.00 sampai jam 10.00 ,yakinkan bulu-bulu burung telah kering.
  • Setelah penjemuran burung dianginkan kembali sepanjang 5 menit, pada proses ini kita dapat memberi makan ekstra seperti kroto, cukup beri sekitar 1 sdt.
  • Lantas krodong burung pada jam 11.00 – 14.30
  • Sepanjang proses krodong, dapat kita mengerjakan pemasteran , dengan volume yang sedikit kuat.
  • Pada jam 14.30 membuka krodong burung , lalu beri kembali jangkrik 5 ekor.
  • Angin-anginkan kembali burung sampai jam 17.00
  • Selanjutnya kerodong kembali burung murai batu ini.
  • Kerjakan proses pemasteran sepanjang dikrodong.kerjakan dari jam 19.00-22.30
  • Seterusnya matikan suara pemasteran, diamkan burung murai batu istirahat sampai besok pagi.

TAMBAHAN

  • Pada proses penjemuran dan pemandian juga bisa dilaksanakan dikandang umbaran.
  • Bisa tambah obat untuk bulu-bulu burung pada air yang dipakai untuk memandikan burung.Agar terbebas dari kutu dan penyakit kulit yang lain.
  • Makanan ekstra yang diberikan sama sesuai rutinitas saja atau mungkin tidak ada ukuran khusus dalam masalah ini.
  • Saya biasa memberi multivitamin satu minggu sekali ,cukup digabung di makanannya.

Langkah menjaga burung murai batu medan ini dilaksanakan sesuai rutinitas dan untuk hasil yang optimal secara teratur.Demikian langkah menjaga burung murai batu,mudah-mudahan bisa menambahkan wacana beberapa sobat vitaminburung.com.

Cara Merawat Burung Pleci

Cara Merawat Burung Pleci
Cara Merawat Burung Pleci

untuk anda yang menyenangi burung pleci gacor dan ingin memiliki pleci itu tapi tidak punyai uang atau berasa sayang duitnya, karena itu sebaiknya anda membaca panduan menjaga pleci gacor ini karena jika untuk pemula jika harus beli burung pleci yang telah gacor pasti berkeberatan karena harga pleci gacor yang lumayan tinggi.

Saat sebelum memiara burung pleci, Anda perlu banyak hal, misalkan harga burung pleci,
beli burung pleci.

Berikut langkah-langkah pilih pleci mentah yang bisa Anda latih menjadi pleci gacor :
tentukan burung pleci yang sehat, warna bulu-bulu contras

  1. Tentukan pleci dengan wujud yang semakin besar
  2. Tentukan Burung Pleci yang gesit, ekor berwujud V, wujud badan yang cukup memanjang
  3. Setelah beli burung pleci sama seperti panduan di atas, selanjutnya anda perlu mengetahui Langkah-langkah Menjaga Burung Pleci Cepat, triknya sebagai berikut ini:
  4. Siapkan sangkar burung pleci yang memiliki ukuran kecil agar pleci tidak glaprak2 ke sana kemari, dengan langkah ini pleci akan sedikit jinak
    Anda sebaiknya memberi makanan sama ukuran kecil
  5. Berilah air minum yang masak atau air mineral supaya burung pleci lebih sehat
  6. Berilah makan ulat hongkong atau ulat kandang di sore dan pagi hari
  7. Selalu mandikan pleci anda dengan semprot tapi tidak boleh basah-basahan
  8. pekerjaan penjemuran atau penggantangan tiap hari sampai sekitaran jam 10 pagi.
  9. Selanjutnya berpindah ke arah tempat yang teduh sebelum jam itu
  10. Pancing burung pleci berkicau dengan suara HP atau kaset dengan suara perlahan saja.
  11. Bila anda mengerjakan hal itu setiap hari, umumnya dalam dua minggu burung pleci telah gacor.
    Dengan panduan di atas diharap anda bisa hasilkan atau cetak burung pleci gacor.

Cara Merawat Burung Cendet

Cara Merawat Burung Cendet
Cara Merawat Burung Cendet
  1. Peralatan Kandang
  2. Sangkar

Sesuai ukuran tubuh, kandang cendet umumnya lebih kecil dibandingkan dengan sangkar murai atau sangkar anis merah. Ukuran yang biasa dipakai adalah 40 x 45 x 70 cm.

  1. Tenggeran

Tempatkan dua tenggeran di dalam kandang. Tenggeran terbaik dibikin berbahan kayu asam yang susunan kayunya cukup kasar walau telah dikupas kulitnya. Tempatkan 2 biji tenggeran itu secara sejajar atas dan bawah. Diameter tenggeran 1,5—2 cm.

  1. kerodong

Dalam perawatan cendet, kerodong bermanfaat untuk membikin cendet istirahat. Pemakaian kerodong berguna juga untuk perubahan moralnya. Untuk cendet muda, pakai kerodong dengan warna halus atau putih. Secara musikal, burung muda masih takut berkomunikasi dengan komputer secara mencolok. Kerodong warna putih berperan untuk mengatur kebersihan kandang dan burung. Bila dirasa burung sudah dapat menyesuaikan, baru bisa menukar kerodongnya dengan warna yang lebih gelap.

Tapi saya anjurkan, kerodong bila perlu saja karena burung yang paling sering kerodong, kurang banyak latihan menyanyi. Lain misalkan burung yang hendak disiapkan untuk lomba, karena itu kerodong sepanjang 3-4 hari sebelum turun lomba menemukan cara yang bagus. Maksudnya, supaya burung simpan tenaga atau stamina.

  1. pakan

Ada banyak dibandingkan pemberian pakan untuk burung cendet. Ada yang menyebutkna, pakan diberi sebelum burung dimandikan. Saat pagi hari beri jangkrik 10 ekor dan kroto 1 sendok makan, dan di sore hari beri jangkrik 5 ekor dan kroto 1 sendok makan. Khusus untuk setiap hari Jumat dan Sabtu, menu makanannya ditambahkan lagi. Saat pagi hari, beri jangkrik 15 ekor dan ulat hongkong 3 ekor. Di sore hari, dikasih jangkrik 7 ekor dan ulat hongkong 3 ekor.

Dalam pada itu, di saat burung akan diperlombakan (umumnya hari Minggu), jumlah jangkrik dan kroto masih tetap ditambahkan ulat hongkong 5 ekor. Sesudah lomba, cendet kembali dikasih jangkrik 5 ekor dan ulat hongkong 3 ekor dan disemprotkan udara.

Burung cendet seharusnya tidak diperlombakan lebih dari 2x pada sebuah bulan. Ini bertujuan agar stamina burung cendet tetap konstan. Bila stamina burung buruk, akan mempengaruhi psikis dari burung cendet tersebut. Untuk kebutuhan lomba dan tingkatkan burung kicauan, makan makanan tambahan atau ekstra fooding yang dibutuhkan. Ekstra fooding yang dapat diberi yaitu jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Ada pula panduan lain, seperti berikut:

  • Voer (seharusnya tentukan yang memiliki kadar protein sedang yakni: 12%-18%, belum pasti Voer yang layak mahal akan terjadi dengan mekanisme metabolisme setiap burung Cendet. Voer selalu ada di dalam cepuknya. Selalu tukarkan dengan Voer yang baru setiap 2 hari sekali .
  • EF (Ekstra Fooding), pakan tambahan yang baik sekali untuk burung Cendet yakni: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lain-lain. Pemberian EF selalu harus disamakan dengan watak pada masing-masing burung dan juga harus diketahui dengan tentu saja dari pemberiannya EF itu.

Harus berhati-hati dalam ekstra makanan karena bisa mengakibatkan cendet jadi kerap bersalto. Ini bisa kurangi kemerduan suaranya. Tetapi, salto pada burung cendet sebenarnya bisa ditangani dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Pastikan kecukupan multivitamin dan mineral yang menjaga stamina dan metabolisme burung selalu pada keadaan sempurna.
  • Mandikan burung harus 2x tiap hari, sore dan pagi, saat matahari masih tetap ada.
  • Sementara waktu, burung yang alami mabung hanya diberi voer.
  • Pahami watak burung dengan mengganti status atau jumlah tenggeran. Meskipunlah, dua tenggeran yang ditempatkan di atas diganti tidak sejajar atau jumlah tenggeran yang dikurangkan.
  • Cara yang lain, mengganti tipe atau ukuran kandang.

perawatan umum cendet

perawatan harian untuk burung Cendet relatif sama dengan jenis burung berkicau lain, kunci sukses perawatan harian yaitu teratur dan stabil.

Berikut Skema Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Cendet:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprotan, dan rutinitas pada masing-masing burung).
  • Bersihkan Kandang Harian. Tukar atau tambah Voer dan Air Minum.
  • Berikan Jangkrik 4 ekor pada cepuk EF. Jangan sampai memberi Jangkrik langsung pada burung.
  • Penjemuran bisa dilaksanakan sepanjang 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Sepanjang penjemuran, seharusnya burung tidak menyaksikan burung semacam itu.

Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung itu diteras sepanjang 10 menit, lalu sangkar dikerodong.

  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung bisa di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan jika memang perlu.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan didengarkan suara Master selama istirahat sampai pagi setiap hari.

PENTING

  • Kroto segar diberi 1 sendok makan optimal 2x satu minggu.
  • Pemberian Cacing diberi 1 ekor 2x satu minggu.
  • Berikan Multivitamin yang digabung pada air minum satu minggu sekali saja.

Pengatasan jika cendet di atas birahi

  • Pangkas jatah Jangkrik jadi 2 pagi dan 2 sore
  • Berikan Cacing 2 ekor 2x satu minggu
  • Berikan Ulat Bambu 2 ekor 3x satu minggu
  • Frekuensi mandi dibikin sering, misalkan pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangkan jadi 30 menit/hari saja
  • Mandi malam

Pengatasan jika Cendet keadaannya turun

  • Tingkatkan jatah pemberian Jangkrik jadi 5 pagi dan 5 sore
  • Tingkatkan jatah kroto jadi tiap hari
  • Berikan Kelabang 2 ekor satu minggu sekali
  • Mandi dibikin dua hari sekali saja
  • Burung selekasnya diisolasi, tidak boleh melihat dan mendengar burung Cendet lain dulu
  • Lamanya penjemuran ditambahkan jadi 2-3 jam/hari

Perawatan dan setel Cendet mabung

Periode mabung (moulting) sebagai periode yang paling menuntut perhatian penggemar burung. Bulu-bulu yang hilang dan diganti selama saat mabung atau meranggas ini mempernyerap 25% dari total protein yang ada pada tubuh burung. Berikut mengapa selama saat mabung perlu dipertambah protein sebesar seperempat total protein pada tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu-bulu terdiri dari lebih dari 90% protein, terutama protein yang disebutkan keratins. Protein bulu-bulu berlainan dengan protein dalam tubuh dan telur dan kebutuhan jumlah seimbang di atas asam amino (pembangun sel atau protein blok). Burung harus konsumsi makanan yang mengandung asam amino tipe ini selanjutnya mempernyerap dan diletakkan sebagai protein (keratin) khusus untuk kepentingan perkembangan bulu-bulu. Proses ini penting untuk burung dan badan burung harus bekerja ekstra untuk memperoleh nutrisi yang cukup untuk membuat bulu-bulu secara prima.

Saat burung mabung, mereka membutuhkan energi yang besar untuk produksi bulu-bulu baru. Kepentingan energi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan protein, mengakibatkan burung harus mencatat lebih banyak makanan sepanjang meranggas agar bisa menjaga perkembangan bulu-bulu baru. Untuk menjangkau saja, energi yang dibutuhkan burung saat mabung sebesar dua 1/2 kali lebih banyak dari menghasilkan telur (saksikan misalkan keterangan pada “Moulting in Bird” di website vetafarm.com sebagai rekomendasi khusus untuk mengatasi permasalahan mabung ini).

Beberapa faktor yang memiliki pengaruh pada periode mabung tidak dapat dipahami secara lengkap, karena benar-benar kompleks. Usia burung, musim saat mabung, cuaca harian, kandungan hormon dan transisi pengembangbiakan, semuanya jadi faktor pemasti untuk kesuksesan atau ketidakberhasilan burung melalui periode mabung.

Hal yang paling penting untuk dikenang adalah jika di saat burung mabung, Anda harus memberi pakan yang cukup hingga mereka dapat meningkatkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan harus produksi bulu-bulu, Anda tingkatkan asam amino yang memiliki kandungan sulfur seperti metionin dan sistin. Protein semacam itu dapat diketemukan dalam daging hewan. Daging yang bisa diberikan pada umumnya burung yang mabung dengan jumlah kecil ditambah pelengkap makanan yang bagus. Suplemen multivitamin dan multimineral yang bagus harus memiliki kandungan beragam mineral dan vitamin dan asam amino untuk memungkinkannya tumbuh secara normal.

Walau secara umum mabung jalan normal, ada banyak hal yang kerap mengusik periode mabung burung, terutama tumbuhnya bulu-bulu yang tidak rata atau bahkan ada bulu-bulu yang tidak rontok (sekedar nyulam).

Cara Merawat B urung Merpati

Cara Merawat Burung Merpati
Cara Merawat Burung Merpati

Burung Merpati banyak disukai orang baik untuk sekedar hobi atau gelaran judi. Merpati atau dara terhitung burung yang unik meskipun Burung merpati ini tidak memiliki kicauan atau suara merdu seperti burung kicauan seperti burung kacer, burung pleci, Perkutut, burung cucak jenggot, ciblek atau burung kicauan lainnya. Merpati dipiara orang-orang di antaranya karena burung ini ingin menjadi burung balap untuk pengaduan atau lomba. Berikut adalah langkah latih merpati.

  • Satu hal yang penting kita kenali adalah jika merpati balap ingin bersama pasangannya secara cepat saat alami periode birahi. Adapun masa birahi yang terjadi saat mendekati merpati bertelor sampai satu hari paska bertelor yang ke-2 .
  • Untuk latih merpati balap seharusnya merpati dibiasakan terbang rendah, langkah latihnya dengan tehnik keplek. Tujuan tehnik keplek adalah, sang joki menggenggam dara balap wanita dengan status joki yang jongkok.
  • Agar merpati mengenal sang joki, lakukan latih merpati balap untuk menggunakan warna pakaian yang serupa dengan pakaian untuk lomba merpati balap jantan bisa mengenal sang joki dari ketinggian.
  • Merpati harus membutuhkan waktu yang lama, dan dijemur agar bulu-bulunya tahan, napasnya kuat hingga napas yang baik.
  • Merpati perlu dikasih suplemen atau jamu yang bisa anda beli ke toko burung atau bisa jug anda bikin sendiri, triknya kencur, kopi, sunthi, telur, madu dan kunyit digabung dan seterusnya ditumbuk sampai lembut dan rata. Jamu ini bisa diberi sekali dalam tiga hari dengan jumlah biji jagung dan cukup 1x saja.
  • Setiap habis latihan, harus pangkal sayap diurutkan agar berkurng rasa pegalnya. Hal bisa membantu menyantaikan otot yang tegang. Selain itu Anda perlu menyemprotkan udara secara lembut ke sisi sekitaran kaki.
  • Merpati harus diberi air seperlunya dan beras merah dan makanan yang berkualitas.

 

About Admin

Check Also

Vitamin Burung Lovebird Kualitas Terbaik

Memilih Vitamin Burung Lovebird Kualitas Terbaik vitamin burung lovebird..Burung lovebird yang digunakan khsusus untuk burung …