Cara Ternak Burung Pipit Bagi Pemula

Ternak Pipit || Burung pipit sangat mudah di alam liar. Apabila Anda berniat untuk mengembangbiakan burung ini, anda tidak perlu khawatir karena burung pipit terkenal mudah ditangkar serta tidak mudah stres. Namun yang perlu Anda tahu, burung pipit sebenarnya jenisnya ada banyak. Ada burung pipit gouldian finches, burung pipit zebra, burung pipit strawberry, dan lain-lain. Namun yang jelas, semua burung pipit tersebut menyukai biji-bijian sebagai makanan utamanya. Ukuran tubuh burung pipit tidak terlalu besar dengan paruh yang juga kecil namun terlihat tebal.

pipit, burung pipit, ternak burung pipit, ternak pipit, gambar pipit, gambar burung pipit
via: burungkicau.heck.in 

Di kalangan pencinta burung, beberapa burung pipit yang banyak ditangkar diantaranya adalah:

Burung pipit zebra atau finch zebra
Gould amadine, burung ini sendiri memiliki beberapa warna ada yang biru, silver, dll.
Burung emprit jepang
Burung gelatik
Star finch
Strawberry finch

Di beberapa daerah, burung ini dikenal secara luas dengan nama burung emprit atau burung bondol. Jika di daerah Anda penyebutan burung ini adalah burung bondol, mungkin saja beberapa jenis yang akan ditawarkan dikenal dengan nama:

Burung bondol peking
Burung bondol haji
Burung bondol jawa, dan
Burung bondol yang lainnya.

Cara ternak burung pipit
Cara ternak pipit pertama-tama, Anda harus memilih suatu jenis yang akan dibudidayakan. Walaupun sebenarnya burung pipit bisa dikawin silang. Kemudian carilah burung pipit yang sudah dewasa untuk dijadikan sebagai indukan. Burung pipit betina dan burung jantan sangat identik sehingga Anda perlu menambah pengetahuan seputar cara membedakan burung pipit jika ingin mencari indukan.

Setelah menemukan indukan yang tepat selanjutnya Anda bisa menjodohkan burung tersebut dengan langsung menaruh kedua burung di dalam kandang yang sudah disediakan. Sebisa mungkin, carilah burung yang sehat dan tidak cacat serta memiliki bulu yang bagus. Tanda bahwa burung tersebut sehat adalah, burung aktif bergerak, rajin berkicau, memiliki bulu yang bagus dan rapi, tidak cacat, dan rajin makan.

Membuat kandang penangkaran burung pipit
Burung pipit ukurannya sangat kecil sehingga bisa ditangkar dengan menggunakan sangkar gantung atau bisa juga dibuatkan kandang dengan mode solitaire. Namun tentunya yang paling praktis adalah dengan menggunakan sangkar gantung.

Jika menggunakan kandang besar, burung pipit sebenarnya bisa digabungkan dengan burung burung lainnya. Burung pipit yang berusia 7 bulan keatas dianggap sebagai burung yang sudah dewasa dan cukup matang untuk berkembang biak.

Di dalam sangkar sebaiknya disiapkan tempat makan yang bisa diisi dengan berbagai jenis biji-bijian seperti milet. Kemudian jangan lupa memberikan tempat air minum dan sarang. Untuk sarang burung ini, Anda bisa mendapatkannya di toko penjual burung. Sarang burung pipit bisa dibuat dari rotan, triplek, atau bahan kardus kemudian diisi dengan serabut kelapa, rumput-rumput kering dan serat nanas.

Agar burung bisa menghasilkan kualitas telur dan anakan yang bagus, maka sebaiknya diberikan juga makanan berupa grit, tulang-tulang yang sudah dihancurkan dan kulit telur yang sudah ditumbuk. Makanan lain yang bisa diberikan untuk burung pipit sebagai sumber vitamin diantaranya adalah seledri, buah-buahan, bayam, dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya. Sedangkan untuk makanan ekstra, burung pipit bisa diberikan ulat hongkong.

Merawat burung pipit yang diternak
Tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan ketika menangkar burung pipit karena burung ini memang terkenal tangguh dan mudah beradaptasi. Burung yang berjodoh biasanya akan kawin dan kemudian menghasilkan telur sekitar 4 hingga 8 butir telur-telur tersebut akan dialami oleh induk betina selama kurang lebih 2 minggu.

Setelah menetas anak-anak burung bisa tetap dirawat oleh induknya. Jika anak burung sudah menetas, Anda harus lebih banyak memberikan makanan karena burung jantan maupun burung betina akan bergantian merawat dan meloloh anaknya. Diantara makanan-makanan yang sebaiknya ditambah adalah biji-bijian, ulat hongkong, dan buah-buahan seperti buah apel. Anak burung bisa dipanen setelah berusia 3 minggu (baca juga: harga burung pipit).

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.